Sabtu, 08 September 2012

Jawaban Esay Ekonomi


1. Hubungan jumlah penduduk , tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja!

  • Kesempatan kerja adalah kesempatan kerja adalah suatu keadaan yang menggambarkan/ketersediaan pekerjaan (lapangan kerja untuk diisi oleh para pencari kerja).
  • Tenaga kerja adalah seluruh jumlah penduduk yang dianggap dapat bekerja dan sanggup bekerja jika tidak ada permintaan kerja.
  • Angkatan kerja adalah penduduk usia produktif yang berusia 15-64 tahun yang sudah mempunyai pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja, maupun yang sedang aktif mencari pekerjaan.
  • Jumlah penduduk adalah jumlah manusia yang bertempat tinggal/berdomisili pada suatu wilayah atau daerah dan memiliki mata pencaharian tetap di daerah itu serta tercatat secara sah berdasarkan peraturan yang berlaku di daerah tersebut. 
Hubunganya:

Semakin besar jumlah penduduk maka akan semakin besar pula angkatan kerja-nya karena mempunyai hubungan atau korelasi langsung. Perkembangan jumlah penduduk sangat berjalan cepat dibandingkan perkembangan lapangan kerja yang tersedia. Karena itulah banyak angkatan kerja yang sebagian menjadi tidak bekerja. Kesempatan kerja ditentukan oleh banyaknya investasi yang dilakukan oleh pengusaha baik dari dalam maupun luar negeri serta pemerintah untuk menggerakkan roda perekonomian di daerah atau negara tersebut. 

2. Mengapa pengangguran bisa terjadi?


  • Tidak sesuainya tenaga kerja intelektual seseorang dengan lap.kerja yang tersedia. Masih banyak sarjana mengganggur karena tidak tersedianya lap.pekerjaan dengan keinginan atau yang dibutuhkan.
3. Bagaimana menurutmu cara yang paling tepat mengatasi pengangguran di Indonesia?

  • pemerintah sebaiknya menyediakan lapangan kerja yang lebih banyak sehigga dapat membantu untuk mengurangi tingkat pengangguran. tak hanya pemerintah, masyarakat pun dihimbau untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.
4. Bagaimana menurutmu tentang system Outsoursing di Indonesia?
  • Menurut saya system Outsourcing hanya ‘memperbudak’ para pekerja tanpa adanya penyediaan fasilitas, tunjangan makan, atau bahkan asuransi jiwa apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam masa kerja. Dengan menggunakan tenaga kerja outsourcing, perusahaan tidak perlu repot menyediakan fasilitas maupun tunjangan makan hingga asuransi kesehatan. Memang hal itu menguntungkan, tetapi sistem ini juga dapat merugikan karyawan outsourcing itu sendiri. Selain tidak adanya jenjang karier, terkadang gaji mereka dipotong oleh perusahaan induk.
5. Keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia
  • pemerintah orde baru berhasil dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.  hingga Indonesia dikategorikan sebagai “macan asia” oleh bank dunia. Itu mungkin menjadi prestasi tertinggi terakhir yang diperoleh Indonesia pada pemerintahan orde baru. Pemerintah orde baru juga berusaha menciptakan pemerataan persebaran penduduk melalui transmigrasi. Cara ini cukup efektif di awal-awal pelaksanaannya.  Ekspor nonmigas Indonesia juga meningkat, sehingga Indonesia tidak selalu bergantung pada ekspor minyak dan gas bumi.  Akan tetapi, pembangunan Indonesia banyak bergantung pada bantuan luar negeri.  Pemerintah orde baru jelas gagal membuat rupiah sebagai mata uang kuat. Nilai rupiah tetap lemah sejak awal orde baru hingga sekarang.  Pada masa reformasi, pemerintah berhasil menciptakan kebebasan pers, yang sangat bermanfaat sebagai alat kontrol pembangunan.  Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) adalah kegagalan terbesar dalam pembangunan Indonesia, mulai dari pemerintahan masa Orde Baru hingga saat ini.
6. Perbedaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi
  • Pembagunan ekonomi = proses dan langkah-langkah yang dilakukan oleh suatu negara untuk meningkatkan PNB dan Pendapatan per kapita penduduknya dalam upaya mencapai pertumbuhan ekonomi.
  • Pertumbuhan ekonomi = peningkatan hasil produksi (Output) dalam tingkatan nyata ekonomi dan diukur melalui angka perubahan hasil produksi setiap tahunnya dalam jangka panjang.

7. Sebuah kasus pembangunan berwawasan lingkungan / tidak
  • misalnya seperti  pembangunan Tempat Hiburan, Toko, Rumah Makan, dan Hotel  di kawasan sekitar pesisir pantai. dampak positifnya menambah sarana rekreasi dan hiburan, dampak negatifnya berkurangnya sarana rekreasi yang berharga murah. 
8. Profil wirausahawan yang akan dikunjungi oleh kelompokmu!
  • belum wawancara
sumber: 




7

0 comment:

Posting Komentar